“Full River Red 满江红 (Mǎnjiānghóng)” - Film Komedi Hitam Zhang Yimou

Film thriller komedi sejarah hitam besutan sutradara Zhang Yimou, “Full River Red 满江红 (Mǎnjiānghóng)” naik tayang saat Imlek 2023 dan mencatat rekor tertinggi tahun ini dan peringkat 6 dalam catatan sejarah perfilman China sepanjang masa. Saya belum nonton tapi akan nonton pastinya.Film ini mengambil inspirasi dari kisah populer era Dinasti Song Selatan seputar Jendral Yue Fei dan tatoo 4 huruf yang dibuat ibu mertuanya di punggungnya, “尽忠报国 (Jìnzhōng bàoguó) ” yang berarti setia membela negara. Versi modernnya dengan arti sama “精忠报国 (Jīngzhōng bàoguó) yang dipakai di punggung tokoh protagonis dalam film ini.

Dalam wawancaranya, Zhang Yimou bercerita tentang keinginannya untuk membawa interpretasi baru dalam melihat dinamika makna "kesetiaan" dalam keluarga dan negara tersebut. Demi menghadirkan “romantisme a la China” 中国浪漫, Zhang mengadopsi gaya bercerita dan musik opera Henan 豫剧. Henan adalah tempat kelahiran Yue Fei. Opera Henan secara tradisional menampilkan ritme unik yang berbobot dan keras, serta sentakan tajam dalam mengilustrasikan konflik dan komedi. Ada lebih dari 300 bentuk opera di China, yang terpopuler antara lain: opera Peking 京剧, opera Sichuan 川剧, opera Cantonese 粤剧. Opera Henan sebenarnya merupakan salah satu dari 5 aliran opera terbesar dalam sejarah China, namun opera klasik China berkali-kali harus menghadapi tantangan jaman - dari tebasan Revolusi Budaya hingga himpitan modernisasi.

Melalui lokasi set hasil modifikasi dan renovasi dua bangunan tua, Zhang juga mencoba memamerkan dan memanfaatkan kekayaan detail arsitektur klasik dalam menceritakan intrik politik dan kriminal dalam film tersebut. Zhang membuat film ini untuk ditonton di theatre IMAX, tapi apa daya, saya cuma bisa melalui streaming nanti.

Popularitas film ini mendorong sejumlah gerakan lucu, termasuk munculnya antrian panjang berhari-hari di makam Jendral Yue Fei untuk memukuli patung pejabat Qin Hui (figur antagonis di film); video gaya jalan di lorong-lorong dengan latar musik dari film (perpaduan opera Henan dan musik elektronik). (Video kompilasi: https://www.youtube.com/watch?v=3ZbqQ4F_4fc)

Alasan lain saya ingin nonton karena salah satu pemeran utamanya, Shen Teng 沈腾 adalah komedian favorit saya - BTY yang lucu pula xixixi. Tahun 2023 adalah tahun gemilangnya di mana selain film ini, film lainnya “Moon Man 独行月球” - menduduki peringkat kedua tahun ini dan peringkat 15 dalam ranking sepanjang masa. Sebagai penggemar sci-fi, saya sangat menikmati film Moon Man. Jebolan Akademi Seni Tentara Pembebasan Rakyat (中国人民解放军艺术学院) ini juga populer di acara ragam Ace vs Ace 王牌对王牌 season 3 hingga sekarang (https://youtu.be/dEYcNbwHQpw).

Trailer resmi: https://youtu.be/Ju3iH89GeUI
Trailer ekstra: https://youtu.be/bHVBXbnFNgE

Komentar

Terpopuler 热搜

15 Tahun Menunda, Tapi Tidak Lupa (Mei 1998)

OPINION: 18 Years Ago Today: May 1998 and to Never Forget

OPINION: (Anti) Corruption in China’s Belt and Road Initiative