Saya Memilih...

Terkejut juga saya waktu menemukan banjir pesan japri di Facebook, WA, Wechat, BB, SMS maupun email dari sejumlah teman di luar negeri yang menanyakan siapa yang saya coblos di TPS Beijing kemarin. Perkenankan saya menjawab di sini karena, mohon maaf, agak sulit menjawab satu-per satu.

Terus terang saya selama ini juga agak bingung karena minimnya sosialisasi Pemilu dari KPU dan tidak ada caleg yang hadir berdialog dengan kami di Tiongkok. Dulu waktu ramah tamah dg rombongan pejabat DPR-RI di Wisma KBRI Beijing, ada salah satu caleg perempuan Dapil DKI 2 (yg meliputi Jakarta Pusat, Selatan dan Luar Negeri) yg kebetulan jg hadir, tapi hanya membagikan kartu nama tanpa berdialog secara mendalam dengan masyarakat Indonesia di Beijing. Saya saja sudah lupa nama dan wajahnya.

Setelah menimbang rekomendasi rekan-rekan di tanah air yg selama ini gigih mengawal demokrasi, saya merujuk pada Daftar Caleg #bersih2014, di mana akhirnya di dalam TPS kemarin siang, saya bulatkan hati untuk mencoblos satu-satunya caleg Dapil DKI 2 di daftar tersebut, yaitu Masinton Pasaribu (PDI-P).

Saya tidak kenal beliau secara pribadi tapi saya percaya integritas Kampanye Bersih2014 yang dicanangkan oleh KontraS, ICW, PSHK, WALHI, dll. Kebetulan capres yang diusung partai terkait juga tidak berbenturan dengan prinsip-prinsip yg saya yakini dan tidak melukai nurani, jadi masih bisa dipertimbangkan untuk Pilpres nanti.

Saya berdoa semoga ini bukan sebuah kesalahan.

Sebagai alternatif lain referensi, saya sarankan pemilih luar negeri untuk cek juga di laman Jari Ungu (ada pilihan negara domisili pemilih luar negeri) atau laman Diaspora Memilih.

Perlu saya tekankan bahwa ini adalah pilihan pribadi saya, bukan institusi-institusi dalam mana saya terlibat. Ini menjawab pertanyaan apakah pilihan itu juga mengisyaratkan pilihan PPI Tiongkok (di mana saya sebagai Ketua Pelaksana Harian Pusat) atau CSIS (di mana saya bekerja).

Komentar

Terpopuler 热搜

15 Tahun Menunda, Tapi Tidak Lupa (Mei 1998)

OPINION: 18 Years Ago Today: May 1998 and to Never Forget

OPINION: (Anti) Corruption in China’s Belt and Road Initiative